Meditasi Mengatasi Kegelisahan (Buddhis)

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Kegelisahan adalah keadaan psikologis dan fisiologis dicirikan oleh komponen somatik, emosional, kognitif, dan perilaku. (wikipedia)

Keadaan saat kegelisahan muncul pada diri seseorang merupakan keadaan dimana terguncangnya rasa nyaman, tentram, sabar, kedamaian dan ketenangan batin diri seseoang. Ada beberapa penyebab timbulnya kegelisahan, yaitu :

  1. Ketidakpastian pada suatu keadaan tertentu,
  2. Ketidakpastian dari perbuatan (diri sendiri maupun orang lain),
  3. Keterasingan,
  4. Kesepian,
  5. Ketakutan akan suatu hal, dsb.

Ketidakpastian pada suatu keadaan tertentu, contohnya adalah saat seseorang yang tidak biasa tampil di depan banyak orang atau umum akan menghadapi hal tersebut. Rasa gelisah akan muncul semakin mendekati waktu tampil seseorang akan semakin gelisah. Saat waktunya orang itu tampil kegelisahannya dapat terlihat oleh orang-orang jika ia tak dapat mengatasinya.

Ketidakpastian dari perbuatan diri sendiri, contohnya pelajar mencontek saat sedang ujian. Kegelisahan akan timbul di dalam hatinya karena adanya rasa takut kecurangannya akan ketahuan atau mendapat hal yang lebih buruk lagi karena perbuatan tersebut tidak dibenarkan. Sedangkan ketidakpastian dari perbuatan orang lain, contohnya saat seseorang mengetahui perbuatan tidak benar orang lain dan merugikan orang lain juga, namun dia diancam untuk tidak melapor ke siapapun. Orang itu akan merasa gelisah setiap kali dia bertemu atau teringat kejadian itu lagi.

Kegelisahan dapat diatasi secara langsung dan cepat maupun perlahan. Kegelisahan diatas panggung harus diatasi dengan cepat dan dari diri sendiri. Sedangkan kegelisahan akibat hal besar harus diatasi perlahan.

Bagi saya, karena kegelisahan mengganggu ketenangan batin seseorang, cara terbaik menghindari atau mengatasinya adalah membiasakan diri untuk melakukan meditasi. Meditasi merupakan kegiatan dimana seorang memfokuskan pikirannya pada satu titik dan tidak membiarkan hal lain mengganggu. Dengan sikap yang rileks dan tenang. Meditasi dapat melatih diri untuk mengontrol emosi. Meditasi yang paling mudah adalah meditasi pernapasan. Anda dapat mencobanya. Saat hati Anda merasa gundah atau gelisah, meditasilah. Duduk dengan sikap serileks mungkin namun tegap, atur napas dengan teratur. Perhatikan saja nafas yang masuk dan keluar dari tubuh. Sadari setiap udara yang masuk melalui hidung menuju paru-paru dan udara yang dilepaskan. Jangan pikirkan masalah apapun atau perasaan apapun. Lakukan beberapa menit saja sampai Anda merasa cukup. Setelah itu biasanya hati Anda akan lebih tenang dan kegelisahan akan berkurang atau bahkan hilang. Dalam Buddhis pun meditasi sangat disarankan karena meditasi dapat membuat seseorang mencapai ketenangan batinnya. Silahkan mencoba291-meditasi-big14des09Smile

Leave a comment